Tentang Kami

kerisku.id merupakan website yang memberikan informasi dan pengetahuan menarik seputar  tosan aji/keris. Sebagaimana kita ketahui bahwa keris merupakan senjata tradisional yang menjadi salah satu warisan budaya Indonesia.  Bahkan keris telah diakui secara internasional sebagai warisan budaya Indonesia, dan telah terdaftar di UNESCO dalam daftar representatif budaya tak benda warisan manusia.

Kami menyadari bahwa adanya globalisasi dan modernisasi, maka terjadi pergeseran minat dan nilai pada sebagian masyarakat.  Banyak orang yang sudah mulai sedikit-sedikit meninggalkan akar budaya daerah masing-masing, berganti dengan budaya luar yang menurutnya kekinian.

Berangkat dari keprihatinan tersebut, maka perlu usaha dan upaya untuk melestarikan budaya bangsa, terutama mengenai keris ini. Karena nilai adiluhung yang terkandung pada keris, maka sangat disayangkan jika pada perkembangan zaman selanjutnya, keris akan hanya tinggal nama saja, karena generasi kita selanjutnya tidak mengenalnya.

Sebagai bentuk usaha kami dalam menjaga dan melestarikan salah satu kebudayaan bangsa, terutama keris sebagai warisan kebudayaan Nusantara, kami mencoba menyajikan berbagai informasi mengenai berbagai hal tentang keris/tosan aji baik itu dalam bentuk gambar-gambar, foto-foto, maupun artikel-artikel yang membahas tentang keris.

Segala macam hal mengenai keris akan kami coba sajikan dengan lengkap, seperti sejarah, arti, ricikan, dapur, pamor, materi, garap, tangguh, dan istilah-istilah perkerisan, serta segala macam hal yang ada hubungannya dengan keris.

Dengan dibuatnya website kerisku.id, harapan kami semoga informasi-informasi yang ada pada website ini dapat menambah pengetahuan bagi para pembaca, dapat menambah wawasan bagi para pembaca.

Semoga informasi-informasi yang kami sajikan dapat menambah rasa cinta dan bangga terhadap budaya Nusantara yang telah diwariskan oleh para pendahulu kita.

Kami menyadari bahwa informasi yang ada pada website ini cukup terbatas, dan barangkali tidak akan dapat menghilangkan dahaga Informasi Anda.

Salam

Keris Indonesia – Pelestari Tosan Aji