Ritual Tumpak Landep, Keris Disucikan di Bali

0 204

Umat Hindu Dharma di Bali menggelar Tumpek Landep. Ini adalah ritual persembahan khusus untuk semua jenis benda yang terbuat dari bahan besi, logam, emas seperti keris dan senjata pusaka.

Kegiatan ritual menggunakan kelengkapan sarana banten, rangkaian janur kombinasi bunga dan buah-buahan dan bunga yang akan dipersembahkan untuk berbagai jenis aset dari bahan besi, tembaga maupun emas.

Hal itu dimaksudkan agar alat-alat tersebut membantu memberikan kemudahan dimanfaatkan dan difungsinya dengan baik, bukan justru untuk melakukan kejahatan pada orang lain. Ritual itu dilakukan di setiap rumah, sesuai kemampuan. Mulai dari pagi hingga malam hari untuk memohon keselamatan kepada Tuhan Yang Maha Esa dalam manifestasinya sebagai Dewa Senjata. Serta dibersihkan dengan air suci. Semua itu merupakan wujud puji syukur orang Bali kepada Tuhan yang telah memberikan pengetahuan hingga saat ini.

Ditambahkan, keris memiliki unsur yang dipercaya dan dapat berpengaruh bagi penggunanya. Dengan ritual Tumpek Landep ini, dimaksudkan agar keris memberikan pengaruh yang baik dan positif bagi penggunanya sehingga bisa membawa kebaikan bagi umat Hindu di Bali.

Source Tumpak Landep Ritual Bali
Comments
Loading...