Macam Macam Jenis Mandau Senjata Khas Kalimantan

0 2.395

Mandau adalah satu dari sekian banyak senjata tradisional Indonesia yang sudah terkenal hingga keseluruh dunia. Mandau dikenal sebagai senjata khas Kalimantan khususnya suku Dayak yang tersebar diberbagai provinsi di Kalimantan. Suku Dayak yang terkenal kehebatannya dalam bela diri dan menaklukkan alam Kalimantan selalu membawa Mandau baik untuk keperluan bela diri jika terjadi konflik antar suku, perjalanan dan berburu hingga dalam pertanian.

Terdapat beberapa jenis mandau berdasarkan model/bentuk bilahnya, antara lain :

  • Mandau Bawin Butung, Mandau jenis ini biasanya dilengkapi dengan gagang model “Pulang Kayuh”
  • Mandau Hatuen Balui, Mandau jenis ini juga menggunakan gagang model “Pulang Kayuh”
  • Mandau Bawin Balui, juga menggunakan gagang model “Pulang Kayuh”
  • Mandau Bawin Buhu, bertatah (tatah = lubang yang diisi kuningan, tembaga atau emas) tiga baris dan di bagian ujung mandau diberi ukiran, dengan gagang model “Pulang Kayuh Neneng”
  • Mandau Butung Bahun Badulilat, bertatah dua baris dan merupakan jenis yang paling mahal dari semua jenis bilah yang ada.
  • Mandau Birang, merupakan jenis yang paling sederhana, polos tanpa tatah dengan gagang model “Kamau”.

Mandau memiliki visual yang unik dengan bilah atau disebut Isin yang ditajamkan hanya pada satu sisi. Ujung bilah seperti burung yang diberi ornamen khas Mandau pula diatasnya. Gagang mandau atau Pulang terbilang pendek dengan ergonomi yang unik berbentuk burung Tingang, kait, ulat, Muang dan pilin pada ujungnya yang dilengkapi dengan bulu binatang atau rambut manusia yang berhasil di Kayau (dipenggal kepalanya dengan Mandau tersebut).

Source Kerisku.id Mandau, Senjata Utama Suku Dayak Mandau
Comments
Loading...