Buku Keris Jawa Bilah Latar Sejarah Hingga Pasar

0 468

Buku ini penuh dengan berbagai terminology, sebenarnya buku ini layak diangkat sebagai ensiklopedia keris Jawa. Bukti Kelayakaannya disebut ensiklopedia ini nampak dalam bahasan dan tabel-tabel kategoris yang dibuat pengarangnya. Buku ini memuat motif pamor yang ditabelkan secara rinci. Adapun yang ditabel lainnya adalah:

Daftar Keris Bentuk Permukaan Bilah Keris Ukuran Normal [Hal:73]
Diagram Ricikan Keris [Hal:75]
Daftar Rekapitulasi Dhapur Keris Bener [Hal:103]
Daftar Rekapitulasi Dhapur Keris Luk [Hal:122]
Daftar Keadaan Pamor Kategori Ukuran Normal [Hal:177]
Daftar Penerapan Motif Gambar Pamor Keris Ukuran Normal [Hal 178]
Daftar Nama dan Sebutan Pedagang Senjata Tradisonal Di Alun-alun Lor Surakarta [Hal:366]
Daftar Barang Dagangan dan Jasa Pelayanan Pedagang Senjata Tradisonal di Alun-alun Lor Surakarta  [Hal : 379 dan Hal: 408].

Buku ini memberikan gambaran rinci nama Empu dan karya-karyanya, serta tangguh dari keris, bahkan Garis Keturunan Para Empu dari Majapahit, hingga Mataran. Kecermatan MT arifin dalam menorehkan karyanya, sampai meneliti pedagang keris seperti yang ada di Pasar Rawabening [Jati Negara], Pasar Johar Semarang, Pasar Bringharjo Yogyakarta Kompleks Pasar Turi Surabaya dan di Alun-alun Lor Surakarta. Menurut MT Arifin dilukiskan bahwa sejak dulu pembahasan keris telah lama di bukukan seperti buku yang berjudul “Kitab Sedjarah Keris] Toko Boekoe Sadoe Boedi, Soerakarta.

Pengarang : MT. Arifin
Penerbit : Hajied Pustaka Jakarta
Cetakan : 2006
Isbn : 979-25-5290-1
Jumlah halaman :460

Source Book : Keris Jawa
Comments
Loading...