Alamang Senjata dari Sulawesi Selatan

0 550

Alameng adalah jenis pedang dari Sulawesi Selatan Indonesia. Bentuk bilahnya lurus dan tajam di bagian bawah. Adapun ujungnya meruncing kebawah. Alameng adalah istilah Bugis, yang dikenal juga dengan Sudang dalam istilah Makassar, dan Labbo Penai dalam istilah Toraja.

Alamang dimasa lalu, pada dasarnya adalah senjata yang digunakan berperang. Namun ada pula alamang yang berfungsi sebagai simbol jabatan atau kerajaan. Filosofinya adalah bahwa Salapu atau Alamang merupakan simbol kedaulatan, kemakmuran, dan juga kewibawaan di suatu kerajaan. Konon dimasa lampau seorang Raja tidak akan meninggalkan kerajaannya jika tidak membawa Salapu.

Alameng atau Sudang atau Labbo Penai memiliki mata tunggal dengan bilah yang lurus. Pedang ini biasanya terbuat dari baja biasa, tetapi juga dari baja pamor atau baja damaskus. Bagian pegangan terbuat dari kayu atau tanduk. Bagian sarung pedang ini terbuat dari kayu ataupun rotan. Panjang keseluran pedang ini beserta gagang biasanya sekitar 74 cm dengan panjang sisi logam 58 cm.

 

Source Kerisku.id Alamang
Comments
Loading...