5 Jenis Senjata Celurit

0 1.507

Madura yang terkenal dengan senjatanya, yaitu celurit. Celurit dalam bahasa Madura biasa disebut are’. Di kalangan Madura, celurit dapat dikatakan benda yang wajib dimiliki, dan alasan mayoritas penduduk Madura memilikinya karena benda tersebut tidak dapat terlepas dari kehidupan sehari-hari, seperti celurit digunakan sebagai alat memotong rumput di ladang, memotong kayu, serta lebih parahnya lagi, biasanya digunakan sebagai alat menikam lawannya hingga tewas, atau istilah dalam bahasa Madura, yakni carok.

Berikut 5 Jenis Celurit:

Celurit Klobungan

Celurit ini memiliki bentuk lengkungan hampir mirip bulan sabit atau setengah lingkaran. Kemudian leher celuritnya bisa dilepas atau sambungan. Celurit tersebut hanya dipakai pada musim-musim tertentu saja. Misalnya, pada musim kemarau datang. Fungsinya untuk menyabit dan membersihkan ranting-ranting kering yang ada di ladang atau di area pegunungan. Kemudian ranting-ranting tersebut dikumupulkan lalu dibakar.

Celurit Peltong 1

Biasanya pada tumbuhan jagung, kacang hijau, tembakau, padi, dan lainnya terdapat tumbuhan yang mengiringi, termasuk bangsa rumput kecil yang merupakan pengganggu bagi kehidupan tanaman utama atau biasanya disebut gulma. Bahaya gulma adalah dapat mengerdilkan tanaman utama, maka untuk membersihkan gulma tersebut, petani memakai jenis celurit peltong 1 untuk membabat tanah-tanah atau istilah menyungkil gulma sampai akarnya.

Celurit Peltong 2

Fungsi dari celurit ini adalah dikhususkan untuk menyabit rumput pada musim hujan. Agar memudahkan pada saat proses penyabitan, maka bentuk celurit ini mirip seperti huruf “L”. Namun, memiliki bentuk fisik tidak terlalu lebar. Kalau bentuk peltong 1 itu lebar.

Celurit Krangkeng 1

Celurit ini dikhususkan untuk memotong kayu, seperti kayu bambu, atau lainnya. Jadi bentuk celurit ini lempengan besinya lebih tebal dan lebar. Lengkungan bentuknya tak jauh beda dengan jenis celurit palalang. Kemudian untuk memperkukuh agar tidak mudah patah, besinya langsung menyatu. Sebenarnya untuk kegiatan pemotongan kayu boleh saja memakai senjata lainnya, misalkan pakai celurit bendo. Namun, hanya saja karena menyesuaikan budaya sehingga yang dipakai adalah jenis celurit ini.

Celurit Krangkeng 2

Celurit krangkeng 2. Walaupun nama celurit ini sama dengan celurit yang sebelumnya, tetapi memiliki bentuk dan fungsi yang berbeda. Bentuk krangkeng 2 ini lebih tipis, kecil, dan fisiknya seperti huruf “L”, tetapi sudutnya sedikit melengkung serta memiliki fungsi khusus memotong rumput di ladang untuk memberi makan sapi ataupun kerbau.

Source Kerisku.id Celurit Jenis Celurit Madura yang Bikin Kalian Tercengang
Comments
Loading...