3 Jenis Senjata Golok

0 1.820

Golok merupakan senjata yang lazim dibawa oleh masyarakat Betawi khususnya kaum laki-laki pada zaman dahulu. Selain sebagai alat pertahanan diri, golok yang merupakan senjata tradisional Betawi ini juga berfungsi sebagai perkakas yang berguna untuk mencari kayu bakar, mengupas kelapa, memotong hewan dan lain sebagainya.

Berdasarkan bentuknya, golok betawi dibedakan menjadi 3 macam, yaitu :

Golok Gobang

 

Bentuk dari golok gobang khas Betawi ini cenderung pendek. Golok gobak memiliki bentuk ujung yang rata serta melengkung di bagian punggung golok. Senjata Tradisional Betawi ini dibuat dari bahan utama berupa Tembaga. Adapun gagang pada golok ini terbuat dari kayu rengas, serta tidak memiliki ukiran. Orang Betawi menyebutnya dengan sebutan gagang jantuk.

Golok Ujung Turun

Golok ujung turun merupakan senjata tradisional Betawi yang memiliki ujung lancip. Golok ini biasanya menggunakan wafak (ukir) pada bilahnya serta terdapat ukiran hewan pada gagangnya. Gagang golok biasanya terbuat dari tanduk dengan tujuan agar beban golok menjadi ringan. Adapun gambar hewan yang diwafak digolok mencerminkan kepercayaan orang Betawi akan hewan yang dianggapnya keramat. Hewan yang paling difavoritkan adalah macan, misalnya ‘Golok Mat Item’ yang juga berwafak gambar macan. Golok jenis ini sering dibawa dan diselipkan disarung oleh para jawara betawi.

Golok Betok

Golok betok merupakan pusaka asli masyarakat Betawi. Sebagai sebuah senjata pusaka, keberadaan Golok Betok merupakan fase awal asal muasal senjata dalam sejarah nusantara. Bahkan, sebelum senjata khas Jawa Barat kujang ada, Golok Betok sudah ada konsepnya terlebih dahulu. Namun, karena Kerajaan Padjajaran memohon kepada Sang Empu agar dibuatkan secepatnya sebuah senjata bernama kujang, pembuatan Golok Betok menjadi tertunda.

Source Kerisku.id Senjata Tradisional Betawi - Jakarta
Comments
Loading...